Tuesday, 25 November 2014

DW pertemuan 9 (Data Quality)


KUALITAS DATA
Menurut Mark Mosley (2008), dalam bukunya “Dictionary of Data Management”, pengertian kualitas data adalah level data yang menyatakan data tersebut akurat (accurate), lengkap (complete), timely (update), konsisten (consistent) sesuai dengan semua kebutuhan peraturan bisnis dan relevan.

Beberapa indikator data yang berkualitas antara lain sebagai berikut :
  1. ACCURACY = data yang tersimpan nilainya benar (name cocok dengan alamatnya)
  2. DOMAIN INTEGRITY = nilai attributnya sesuai batasan yang diperkenankan (nilai attribut laki n perempuan)
  3. DATA TYPE = Nilai data disimpan dalam tipe data yang sesuai (data nama disimpan dengan tipe text)
  4. CONSISTENCY = nilai sebuah field data akan sama semua dalam berbagai berkas (field produk A dgn kode 123, akan selalu sama kodenya di setiap berkas lain)
  5. REDUDANCY = tidak boleh ada data yang sama disimpan di tempat yang berbeda dalam satu sistem
  6. COMPLETENESS = Tidak ada nilai atttribut salah yang diberikan dalam sistem
  7. DATA ANOMALY = sebuah field hanya digunakan sesuai kegunaannya. (field address3  digunakan untuk mencatat baris ketiga dalam alamat bukan untuk telp atau fax)
  8. CLARITY = Kejelasan arti kegunaan dan cara penulisan sebuah data (penamaan khusus)
  9. TIMELY = merepresentasikan waktu dari data yang dimasukkan (jika data digunakan perhari maka data pada warehaouse harus juga dibuat per hari)
  10. USEFULNESS = setiap data harus benar digunakan oleh user
  11. ADHERENCE TO DATA INTEGRITY RULES = taat pada aturan keterhubungan data

Manfaat dari meningkatnya kualitas data :
  • Analysis with Timely Information
  • Better Customer Service
  • Newer Opportunities
  • Reduced Costs and Risks
  • Improved Productivity
  • Reliable Strategic Decision Making

No comments:

Post a Comment